Mengenal Lebih Dekat dengan Endoskopi

Baca artikel tentang cream pemutih wajah yashodara

Tak kenal maka tak tahu, inilah ungkapan yang bisa diberikan ketika tidak mengetahui sesuatu. Mengenal lebih dekat dengan endoskopi. Apakah endoskopi itu? Endoskopi secara istilah bisa diartikan sebagai suatu teknik atau metoda yang ditujukan untuk melihat lebih jauh bagian-bagian yang ada dalam tubuh dengan cara memasukkan sebuah alat berupa tabung yang fleksibel dilengkapi kamera kecil di ujung alat tersebut. Sedangkan alat yang digunakan untuk melakukan endoskopi disebut dengan endoskop.

Jenis-jenis dari endoskopi sendiri cukup banyak karena saluran dalam tubuh manusia juga beragam. Beberapa diantaranya adalah:

- Laparoskop

Yaitu metode endoskopi yang ditujukan untuk melihat secara langsung saluran-saluran dalam organ perut seperti usus, usus buntu, maupun organ yang ada dalam perut.

- Sitoskop

Endoskopi jenis kedua ini ditujukan untuk melihat saluran pada kandung kemih. Untuk mengetahui apakah ada hal yang menghambat atau penyakit lain.

- Artroskop

Yaitu endoskopi yang ditujukan untuk mengamati dalam sendi secara langsung.

- Bronkoskop

Jenis keempat ini berkaitan dengan saluran paru-paru dan udara dalam tubuh manusia.

Bagaimana endoskopi dilakukan? Endoskopi dilakukan dengan cara melewatkan endoskop (alat endoskopi) melalui lubang dari tubuh atau bisa saja dengan membuat sayatan kecil. Misalkan saja endoskopi jenis laparoskop yang bertujuan untuk mengetahui organ dalam perut. Dilakukan dengan cara memasukkan alat endoskop dengan melalui bedah kecil pada bagian sekitar panggul atau pun perut. Bisa juga lewat mulut maupun anus secara langsung. Endoskopi sitoskop pada pria bisa dilakukan dengan cara memasukkannya melalui saluran lubang uretra. Dalam melakukan endoskopi terkadang juga dipasang instrument yang kecil yang berguna untuk mengambil suatu sampel dari jaringan tubuh yang dianggap mencurigakan. Sampel yang diambil akan diteliti untuk dievaluasi.

Sangat pentingnya teknik endoskopi ini sehingga memudahkan dunia kedokteran dalam menangani berbagai keluhan pasien. Dengan endoskopi tidak diperlukan bedah hanya untuk mengetahui atau mendiagnosis kondisi dalam organ seseorang. Pengamatan oleh dokter akan lebih mudah untuk dilakukan dengan endoskopi sehingga akan menghemat waktu dan biaya serta lebih akurat dan menghindari resiko luka dari pasien.

Baca artikel tentang pemutih wajah

0 komentar:

Posting Komentar